Platform Jualan Online Indonesia yang Paling Banyak Digunakan

Tidak dapat dipungkiri, perkembangan era digital menjadikan bisnis online semakin banyak dilirik. Dengan mudah, Anda dapat menarik pembeli dan meraup keuntungan fantastis dengan memanfaatkan platform jualan online Indonesia untuk promosi. Apa saja rekomendasinya?

4 Rekomendasi Platform untuk Berjualan Online

  1. E-Commerce, Terdapat 2 tujuan utama untuk membangun e-commerce berbasis web yaitu menjual produk dan meningkatkan kredibilitas usaha yang Anda jalankan. Memilih e-commerce toko online merupakan keputusan yang tepat untuk mempromosikan barang dan meraup keuntungan sebanyak mungkin. Dengan memiliki website tersendiri, kredibilitas perusahaan di mata pelanggan pun terjaga. Adapun ciri-ciri e-commerce yang bagus antara lain:
    • Membuat CTA yang jelas dan menarik sehingga pengunjung terpengaruh untuk membeli produk
    • Membuat fitur navigasi yang mudah dipahami
    • Menampilkan gambar tiap produk dengan detail termasuk contoh penggunaan
    • Memperlihatkan rating dari tiap produk
    • Memberikan saran mengenai produk lain yang sejenis dengan apa yang dilihat pengunjung
    • Memberikan detail check out yang lengkap Platform e-commerce dikhususkan untuk satu brand saja yang menjual berbagai jenis produk yang dimiliki, misalnya Nike, Wardah dan Gramedia Official Store. Tidak ada pihak ketiga yang menjadi penghubung dengan customer.
  2. Marketplace, Berbeda halnya dengan e-commerce, marketplace berperan sebagai pihak ketiga yang menyediakan tempat untuk berjualan online. Dalam satu marketplace, terdapat banyak toko online yang bergabung sehingga dapat terhubung dengan para pembeli. Adapun kelebihan marketplace antara lain:
    • Menyediakan platform jualan online gratis yang dilengkapi berbagai fitur menarik dan fungsional
    • Mempromosikan produk milik online shop yang menjadi member marketplace tersebut
    • Memiliki tanggung jawab penuh terhadap jalannya website dan kerusakan yang terjadi
    • Memberikan layanan yang menguntungkan bagi pihak penjual dan pembeli
    • Menyediakan fitur khusus bagi pemilik toko untuk meningkatkan penjualan Contoh marketplace yang terkemuka di Indonesia meliputi Shopee, Tokopedia, Blibli, Elevenia dan Orami. Rata-rata, marketplace menerapkan skema bisnis Customer to Customer (C2C). Sedangkan sumber keuntungan berasal dari biaya administrasi final, iklan dan keanggotaan eksklusif para pemilik toko online.
  3. Akun Media Sosial, Sudah tidak mengagetkan bahwa media sosial menjadi platform jualan online Indonesia yang tidak kalah menguntungkan. Bayangkan saja, dengan meningkatnya pengguna aktif medsos tentu akan memberikan peluang besar bagi para penjual barang dan jasa. Terlebih lagi, beberapa media sosial sudah melengkapi diri dengan fitur khusus shopping. Misalnya saja fitur Instagram Shop pada halaman explore yang menampilkan berbagai produk yang relevan bagi setiap pengguna. Selain itu, facebook juga memiliki fitur Facebook Marketplace sebagai tempat berjualan di aplikasi tersebut. Pelaku bisnis yang menggunakan media sosial umumnya adalah online shop perorangan. Mereka membangun toko online secara mandiri dengan membuat akun di medsos tertentu. Cara ini sangat praktis, cepat dan membutuhkan modal yang minim. Bahkan Anda tidak harus memproduksi barang jualan sendiri tetapi berperan sebagai reseller.
  4. Aplikasi Messenger, Jenis platform online lainnya adalah aplikasi messenger, seperti WhatsApp, LINE dan Telegram. Ketiga aplikasi chatting online tersebut memang sering digunakan pemilik toko online untuk mempromosikan dagangannya. Sama halnya dengan media sosial, memanfaatkan aplikasi messenger tidak butuh modal banyak dan dapat mendatangkan profit yang besar. Platform semacam ini cocok bagi Anda yang baru mulai berbisnis kecil-kecilan. Apabila memilih WhatsApp, maka Anda dapat mengubahnya menjadi akun bisnis. Dengan begitu, akan tersedia fitur katalog sebagai tempat gambar produk yang diupload. Anda juga dapat memanfaatkan fitur story untuk promosi.

Berbagai jenis platform jualan online Indonesia memiliki ciri khas tersendiri yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Bagi brand besar dan pelaku bisnis yang sudah mapan tentu pilihan paling tepat adalah website e-commerce. Sedangkan bagi para pemula dan pemilik online shop bermodal kecil, maka pilihan terbaik adalah bergabung dengan marketplace atau promosi melalui akun sosmed dan messenger.