Isi untuk memulai perhitungan!
Grafik Pertumbuhan Viral
965 Pendaftar
dari tingkat konversi 30%
Penjelasan Kalkulator
Apa Koefisien Viral ?
Sederhananya, koefisien viral adalah jumlah rata-rata pengguna baru yang dihasilkan pelanggan. Koefisien viral bukan hanya jumlah referensi yang dibuat pelanggan, tetapi juga jumlah referensi yang dikonversi menjadi pelanggan.
Bagaimana Cara Menghitung Koefisien Viral?
Berikut adalah rumus umum untuk menghitung koefisien viral:
Koefisien viral = (C x CR) x R x KR / C
- C = Jumlah pelanggan
- CR = Presentase jumlah pelanggan yang mereferensikan
- R = Rata-rata jumlah referral per pelanggan
- KR = Rata-rata tingkat konversi untuk referral
Contoh :
Perkirakan jumlah pelanggan Anda saat ini. Katakanlah Anda memiliki 100 pelanggan. Kalikan dengan presentase jumlah pelanggan yang mereferensikan.
Jadi 20% x 100 = 20 Kalikan dengan jumlah rata-rata referensi yang dikirim pelanggan Anda kepada teman-teman mereka. Jadi itu 20 x 20 jika setiap pelanggan mereferensikan ke 20 kolega. Temukan persentase referensi yang mengambil tindakan. Jika 6 dari 20 referensi menjadi pelanggan yang membayar, konversi adalah 30%. Jadi, 20 pelanggan mengirim 20 referensi. Total 400 referensi. Jika 30% orang mendaftar, Anda telah mendapatkan 120 pelanggan!
Koefisien viral Anda adalah jumlah pengguna yang diperoleh / pengguna awal (120/100) = 1.2. Koefisien viral 1.2 berarti bahwa setiap pelanggan yang Anda peroleh akan mendapatkan 1.2 pelanggan baru.
Koefisien viral di atas 1 menguntungkan untuk biaya akuisisi pelanggan Anda karena ketika pengguna bergabung melalui mulut ke mulut dan jalur tidak berbayar lainnya, maka cost akan menurun.