Packaging atau kemasan produk adalah salah satu hal penting yang harus di perhatikan bagi Anda para pebisnis karena kemasan produk adalah bagian dalam branding untuk mengenalkan produk Anda ke pasaran.
Beberapa pebisnis kurang memberi perhatian yang lebih pada packaging atau kemasan produk. Ada yang berpikir bahwa yang terpenting dalam memasarkan produknya adalah kualitas produknya. Sedangkan, kemasan adalah salah satu hal yang dapat mempengaruhi penjualan.
- Produk Terlindungi alasan terpenting memperhatikan kemasan produk adalah selain melindungi produk agar tidak mudah rusak, isi dalam produk tidak mudah tergores, basah, ataupun cacat. Apalagi saat pengiriman produk bisa berisiko rusak di dalam perjalan karena terjatuh atau tertimpa barang lain. sehingga produk Anda akan terjamin keamanannya.
- Membangun Kepercayaan Pembeli Kemasan produk dapat meningkatkan kepuasan pembeli. Pembeli akan puas jika produk telah sampai ke tangannya dengan kondisi yang baik. kemasan produk yang baik pastinya akan melindungi seluruh bagian produk agar tidak mudah rusak. Jika pembeli senang, maka kepercayaan pembeli otomatis akan terbangun.
- Menambah Daya Tarik Pembeli
- Mempromosikan Produk Di dalam kemasan produk, Anda dapat mencantumkan sejumlah informasi tentang produk Anda seperti memunculkan nama brand, logo, tagline, akun media sosial, dan lain-lain. Penjelasan tersebut bisa menjadi cara promosi untuk memperkenalkan keunggulan produk. Namun, informasi produk tersebut jangan sampai memenuhi desain kemasan yaa, karena membuat jadi tidak menarik.
- Membuat Perbedaan dengan Produk Lain Jika Anda menjualkan produk yang sama dengan pebisnis lain, kemasan produk yang unik dan kreatif ini dapat menjadi strategi untuk membuat perbedaan, karena kemasan akan jadi identitas bisnis Anda, pembeli dapat lebih mudah akan mengingat produk Anda dan tahu apa yang membedakan produk Anda dengan yang menjual produk yang sama karena produk Anda terlihat berbeda.
Tampilan produk akan terlihat menarik karena memiliki desain kemasan yang kreatif dan unik. Kemasan dapat menambah daya tarik pembeli untuk membelinya. Bahkan jika desainnya unik dan serba guna, pembeli akan menyimpan kemasan tersebut dan tidak ingin membuangnya.