4 Strategi Psikologi Menentukan Harga Produk Bisnis Anda

Untuk membuat bisnis semakin laku, Anda harus memikirkan strategi psikologi harga penjualan karena itu salah satu penentu untuk mengkonversi toko online Anda, sudah banyak yang menerapkannya dan sebagian besar berhasil. Anda dapat berkreativitas dalam pemasarannya hingga memainkan harga produk Anda.

Manfaat membuat strategi penjualan adalah untuk mendapatkan peningkatan penjualan dengan mempengaruhi konsumen, bisa dengan cara memainkan harga jual atau bisa dikenal dengan istilah ‘psychological pricing’ yang artinya Anda sebagai pemilik bisnis menetapkan harga jual secara strategis untuk mendapatkan respon emosial konsumen Anda tanpa harus mengurangi atau menaikkan harga produk Anda secara signifikan Mengenai strategi psikologi menentukan harga produk ini para ahli sudah melakukan penelitian dan riset. Sehingga bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah, tetapi kita juga tidak tahu strategi ini akan berhasil atau tidak apabila di terapkan di bisnis Anda jika Anda belum mencobanya, Anda dapat membandingkan strategi psikologi harga ini dengan harga yang sedang berlaku di produk Anda saat ini.

Namun kita semua tidak tahu strategi ini berhasil atau tidak bila diterapkan di dalam toko online Anda sebelum Anda mencobanya. Untuk itu Anda dapat membaca terlebih dahulu ringkasan artikel ini dan lalu bandingkan strategi psikologi ini dengan harga yang berlaku di toko online Anda. Apabila ada perbedaan, dan Anda ingin mendapatkan konversi lebih tinggi lagi, maka Anda dapat melakukan perubahan harga Baiklah, berikut ulasannya :

  1. Gunakan cara Mengurangi digit kiri dan menambahkan 9 di digit kanan, di harga Anda pasti sering melihat harga suatu produk yang nanggung, atau tidak bulat, biasanya sering ditemukan di pusat perbelanjaan modern biasanya di toko yang menjual pakaian atau barang elektronik. Cara membuat harga tidak bulat atau nanggung ini misalnya harga sebuat pakaian Rp300.000, tapi di toko tersebut membuat harga terlihat unik, mengurangi digit yang paling kiri dan menambah angka 9 di deretan paling kanan, sehingga menjadi Rp299.9999 Atau dapat di buat harga baju Rp250.000 tapi di-tag harga tertulis Rp149.999. Banyak website took online menggunakan akhiran 9 di harga produk mereka itulah strategi penjualan mereka yang telah di terapkan di pusat perbelanjaan modern.
  2. Penetapan harga bulat, Strategi ini bisa di bilang kebalikan dari strategi sebelumnya, yaitu dengan menggunakan strategi pembulatan. Jika Anda agak keberatan mengurangi harga walaupun hanya satu rupiah, Anda bisa melakukan cara ini. Misal biaya produksi produk Anda senilai Rp211.500, tapi Anda bisa membulatkannya menjadi Rp250.000 untuk harga jualnya. Karena Berdasarkan penelitian pada tahun 2015, harga bulat akan lebih mudah diproses dan akan menimbulkan ketergantungan pada perasaan konsumen Anda untuk membeli barang tersebut.
  3. Strategi dengan diskon yang kreatif atau menarik, misal ‘Buy 1 Get 1!’ Strategi penjualan ini yang paling banyak menarik minat para pembeli, yaitu membuat harga diskon. Anda bisa menerapkan diskon hingga 50 persen, namun dengan berbagai syarat dan kententuan. Salah satu cara yang paling banyak dilakukan adalah ‘Buy 1 Get 1’. Dengan cara ini, Anda bisa menarik keinginan berbelanja konsumen dengan sangat cepat. Terkadang, barang yang dijajakan adalah barang yang jarak dilirik konsumen atau jika untuk makanan, produk tersebut hampir mendekati masa kadaluwarsa. Anda dapat mencoba kreasikan diskon, contoh beli dua produk, untuk barang kedua mendapat diskon 50 persen Atau pada belanja berikutnya akan mendapatkan diskon 30 persen.
  4. Perlihatkan harga baru yang lebih murah dengan visualisasi yang menarik, Anda mempunyai dua produk yang sama, dan salah satu produk tersebut akan Anda diskon dengan harga lebih murah, untuk dapat lebih memikat minat konsumen Anda, coba Anda tonjolkan produk yang di diskon tersebut dan enak dipandang visualnya. Untuk tampilan visual Anda dapat membuatnya lebih menarik perhatian, bisa dengan mengubah font tulisan agar menjadi menarik.

Setelah mengetahui 4 strategi menentukan harga di atas, Anda bisa segera terapkan. Tapi perlu di ingat ya, indikator untuk meningkatkan penjualan itu bukan cuma strategi permainan harga saja, melainkan kualitas produk yang dijual. Adakah yang sudah mempraktekkannya?