Umpan balik atau Feedback akan sangat penting untuk mengetahui apa yang Customer pikirkan mengenai bisnis Anda. Bagi Anda yang menjalankan usaha berbasis digital (online), umpan balik dari Customer akan menjadi jejak digital yang dapat mempengaruhi citra bisnis Anda. Orang-orang akan mudah mencari tahu informasi tentang kualitas bisnis Anda melalui internet.
Tetapi, tidak semua Customer dengan sukdarela mengulas produk Anda di internet. Kadang, mereka hanya akan menjadi pelanggan pasif dan tidak memberikan review apapun setelah membeli dan menggunakan produk Anda. Sedangkan, ulasan dari Customer itu sangat berarti untuk mengukur tingkat kepuasan Customer menggunakan produk Anda, karena review online juga bermanfaat untuk mempengaruhi calon Customer lain dalam mengambil keputusan pembelian.
Lalu, bagaimanakah cara untuk mendapatkan feedback atau umpan balik dari pelanggan? Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan di social media Anda :
- Melakukan Survei Online Survei online adalah salah satu cara praktis untuk mengetahui pendapat customer Anda, tidak perlu mencetak banyak kertas, cukup dengan menyebarkan link survei dan meminta kesediaan pelanggan untuk mengisinya. Media sosial saat ini sudah makin canggih bahkan sudah mempunyai fitur polling yang bisa dimanfaatkan untuk mensurvei pendapat. Anda bisa menggunakannya untuk menanyakan beberapa hal terkait produk atau jasa bisnis Anda.
- Berinteraksi dengan Pelanggan di Media Social Sekarang ini customer akan lebih sering menyampaikan feedback online melalui media sosial mereka. Maka dari itu, aktiflah menggunakan berbagai platform media social populer untuk berinteraksi dengan semua pelanggan. Melalui media sosial ini, Anda dan pelanggan bisa saling berinteraksi yang dapat dilihat oleh pihak lain, seperti calon pelanggan baru, sehingga pastikan Anda meninggalkan respons yang baik agar citra bisnis Anda tetap terjaga.
- Berikan Reward untuk Pelanggan Kadang, sulit untuk mendapatkan umpan balik dari customer karena mereka malas menceritakan pengalamannya saat berbelanja dan menggunakan produk Anda, kecuali saat mereka hanya ingin komplain, maka mereka akan lebih aktif menyuarakan keluhannya. Maka, cobalah adakan program berhadiah untuk pelanggan yang mengulas produk Anda di akun media sosial atau blog mereka. Berikan hadiah kepada customer dengan review terbaik, sehingga memancing customer lain akan tertarik juga untuk mengulas produk Anda.
Itulah beberapa cara mendapatkan umpan balik di online untuk customer Anda. Cobalah terapkan tips tersebut dalam bisnis online Anda. Selamat Mencoba �